Prosedur Pengoprasian UPS dan Solar Cell

MFDP Digital - Pada postingan kali ini, sesuai dengan judulnya. Saya akan sedikit membahas tentang Prosedur penggunaal peralatan UPS dan Soalr Cell. Postingan ini seperti biasa saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas pelajaran UPS and Solar Cell di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI). Izin menyampaikan beberapa yang dapat saya sampaikan pada postingan ini, semoga bisa bermanfaat untuk teman semua.

Seperti yang kita ketahui, UPS atau biasa disebut "uninterruptible power source." adalah perangkat ektronik yang mampu menyediakan cadSolarangan listrik sementara ketika arus listrik utama terputus. Biasanya peralatan ini digunakan untuk Komputer yang dimana rentan terhadap ketidakstabilan arus dan tenaga listrik. Selain kerusakan data karena mungkin kita belum sempat melakukan penyimpanan data dari pekerjaan kita, masalah ini juga sangat berbahaya bagi komponen-komponen komputer. Ketidakstabilan listrik ini pertama-tama akan menyerang power supply dari komputer kita. Jika tidak segera diatasi, maka masalah ini bisa saja menyerang komponen motherboard komputer kita, dimana ini merupakan komponen yang sangat vital dan mahal. Karena hal tersebutlah makan kita memerlukan perangkat tersebut.

Solar Cell merupakan komponen yang dapat digunakan untuk merubah Energi Cahaya Matahri menjadi Energi Listrik. Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang pastinya yang membuat solar cell menjadi alternatif sumber energi masa depan yang sangat menjanjikan. Selain daripada itu Sel Surya atau Solar cell juga memiliki kelebihan menjadi sumber energi yang praktis mengingat tidak membutuhkan transmisi karena dapat dipasang secara modular di setiap lokasi yang membutuhkan.

Dalam hal ini yang kita bahas hanyalah Prosedur dalam pengoprasian kedua perangkat tersebut. Berikut akan saya jelaskan, untuk beberapa postingan terkait tentang UPS dan Solar Cell akan saya bagikan juga dibawah blog ini (mengingat ada pembagian tugas, dan tersedia di blogspot teman saya) :

1. Prosedur Pengoprasian UPS

Cara kerja UPS secara umum ada 3 jenis, yaitu sistem 1) standby (off-line) UPS, 2) line-interactive UPS, dan 3) on-line UPS. Berikut kita akan membahas apa perbedaan dari ketiga cara kerja UPS tersebut.

a. Cara kerja UPS Sisem standby (off-line)

Cara kerja UPS jenis ini melakukan pengisian daya langsung dari sumber listrik dan menyimpannya ke dalam baterai penyimpanan listrik cadangan yang hanya digunakan saat listrik putus. Perangkan komputer langsung dihubungkan dengan UPS ini.
Ketika tegangan yang masuk ke UPS ini tidak stabil, maka UPS jenis ini akan menyalakan sirkuit inverter DC-AC internal yang didukung oleh bateri candangan UPS ini. UPS dengan cara kerja seperti ini umumnya mempunyai harga yang relatif murah dengan spesifikasi di bawah 1kVA.

b. Cara kerja UPS line-interactive
Cara kerja UPS sistem line-interactive ini bekerja dengan cara mempertahankan jalur inverter dan mengalihkan arus DC baterai dari mode charging ke mode penyediaan daya ketika listrik padam.
Di dalam UPS tipe ini terdapat autotransformer yang bisa mengatur mode papda UPS jenis ini dari mode charging maupun supplying melalui identifikasi kestabilan tegangan listrik yang masuk. Dalam kondisi voltase rendah, UPS ini akan menyesuaikan arus masuk dan keluar sehingga pada keadaan tersebut UPS tipe ini akan membutuhkan arus masukan lebih besar.


c. Cara kerja UPS sistem online
Cara kerja UPS tipe ketiga ini adalah dengan menggunakan metode “double conversion” dari arus AC yang diterima kemudian melanjutkannya ke baterai internal baru kemudian dialirkan kembali ke daya 120V/240V AC untuk melindungi komputer kita. Secara umum teknologi yang digunakan pada UPS sistem ini sama dengan sistem line-interactive. Sistem ini umumnya mempunyai kapasitas besar sehingga mahal. 
 









2. Prosedur Pengoprasian Solar Cell

1. Cara kerja panel surya yang pertama adalah panel surya dapat menghasilkan listrik dengan menggunakan sistem fotovoltaik. Fotovoltaik adalah fenomena yang mengubah energi matahari menjadi arus listrik.

2. Listrik yang dihasilkan oleh sistem panel surya dapat digunakan secara langsung. Misalnya lampu, pompa, radio, dan lain sebagainya.

3. Listrik yang dihasilkan oleh sistem panel surya juga dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga, seperti lemari pendingin, air conditioner, televisi, dan lainnya dengan menggunakan inverter atau sistem VAC 

4. Cara kerja panel surya yang terakhir adalah kita dapat menggunakan panel surya selama 24 jam dengan bantuan penggunaan baterai.


________________________________________________________


Referensi :
 - Nesab Media - Pengertian UPS dan Fungsi UPS Beserta Cara Kerjanya yang Perlu Anda Ketahui
Solar Cell Surya - Cara Kerja Panel Surya Secara Sederhana


Comments

Popular posts from this blog

Perencanaan Instalasi Listrik (Rumah 2 Lantai dengan Single & Wiring Diagram)

Alat Ukur dan Pengukuran (Multimeter)